Windows Vs Mac

Oleh Admin Legnsv on 19.6.12

 
Microsoft meluncurkan Windows Vista pada tahun 2007 untuk menindak lanjuti kesuksesan piranti lunak Windows XP, yang secara mayoritas telah menguasai komputer di dunia, telah dikaji ulang, namun akhirnya mengecewakan kepuasan pelanggan.
Itu hanyalah untuk memenuhi tuntutan sejumlah perusahaan komputer dan beberapa orang pengguna. Sehingga Microsoft berusaha keras membuktikan sistem operasi baru, Windows 7, yang bukan hanya lebih baik dari Vista, namun juga lebih sederhana.
Hanya dibutuhkan kurang dari 40 persen disk space dan dengan persyaratan perangkat keras yang lebih rendah, sehingga kecepatannya lebih tinggi pada laptop yang dikenal sebagai netbook. Namun harus menghadapi ketatnya persaingan dari dua nama besar tekhnologi yaitu Apple dan Google.

Keuntungan Windows
Microsoft Windows digunakan 90 persen lebih dari seluruh PC, meskipun telah kehilangan beberapa persen dalam dua tahun terakhir, Hal ini telah menyakinkan kembali kenyamanan bagi kebanyakan pengguna komputer. Apa lagi, kebanyakan aplikasi Windows dapat ditemukan di mana-mana, terutama bagi mereka yang memiliki bisnis penting-telah tertulis secara eksklusif pada Windows.
Windows juga merupakan satu-satunya pasar game terbesar.
Namun dominasi Windows diluncurkan dengan sejumlah biaya: mayoritas dari virus berbahaya yang diciptakan untuk mentargetkan sistem. Itulah sebabnya Windows 7 dikembangkan sebagai salah satu kekuatan penting Vista-dalam keamanan.
Microsoft telah memproduksi sendiri software anti-virus, Security Essentials, yang dapat diunduh secara gratis; browser Internet Explorer terakhir akan berhenti memberikan data pribadi anda untuk website spoof; dan meng-update piranti lunak secara regular akan segera menanggulangi masalah yang ditemukan.
Yang tidak kalah pentingnya dengan keamanan adalah kesederhanaan. Sistem baru ini meminjam sejumlah bit terbaik dari hubungan pengguna Apple Mac-seperti taskbar pada bagian bawah layar yang memungkinkan anda memulai dengan cepat piranti lunak tersebut. Taskbar juga memungkinkan anda untuk melihat thumbnail images dari Windows yang terkait dengan setiap aplikasi terbuka, yang akan membantu anda menavigasi cara anda lewat email dan halaman web.
Ada beberapa fitur keren yang benar-benar Windows asli, – seperti kemampuan untuk menarik dua windows pada kedua sisi dari layar dan secara otomatis mengubah ukuran sehingga anda dapat membandingkan dan membedakannya.
Ini dikembangkan dalam pembuatan piranti lunak Media Center yang dengan mudah dapat digunakan untuk menikmati musik dan video pada sebuah laptop yang dihubungkan ke TV, anda bahkan dapat ‘memindahkan’ video dari satu komputer ke komputer lain-memungkinkan orang tua untuk mengawasi apa yang anak-anak mereka saksikan dalam kamar tidur.


Keuntungan dari Mac
Operasi terbarunya, yang disebut Snow Leopard. Dibandingkan dengan menambah fitur baru. kebanyakan perubahannya pada kemajuan penampilan bonnet. Namun Apple kurang membuktikan-peningkatan penjualan komputer Mac, yang ditenggelamkan oleh keberhasilan iPod dan iPhone.
Tidak seperti Microsoft, desain piranti keras dan piranti lunak Apple dibuat lebih sederhana untuk menciptakan gaya dan kestabilan sistem. Anda akan merogoh uang lebih banyak untuk sebuah Mac, namun harga tersebut sudah termasuk piranti lunak pengelola foto digital anda, pengedit video rumah, rekaman musik dan bahkan merancang situs anda sendiri.
Waluapun komputer harga tinggi Apple tidak mungkin mengancam supremasi Windows, sukses besar dari iPhone-yang menyediakan web browsing, email dan aplikasi unduh-ini menunjukkan bahwa wajahnya kini sedang berubah. Dan pada dunia mobile, Microsoft kini sedang berjuang mengikuti langkahnya.

Ancaman dari Google
Tantangan terbesar Windows pada masa mendatang, ketika Google meluncurkan sistem operasi sendiri, Chrome, tahun depan. Itu dikembangkan diatas fondasi yang sama seperti Linux—gratis, secara terbuka sebagai sumber piranti lunak yang menjadi kekuatan berbagai netbook.
Namun Google menjanjikan sesuatu yang sama sekali berbeda: sebuah sistem operasional ‘didesain bagi orang-orang yang hidup tergantung pada web.’ Chrome akan menyediakan akses pelayanan ‘cloud computing’ ke Google secara gratis-segala sesuatu dari email ke galeri foto. Karena kerja keras yang dilakukan oleh ‘the cloud’ – ditanamkan sever Google secara luas-komputer-komputer yang dijalankan dengan sistem operasi Chrome menjadi lebih murah dan berdaya rendah.

Kelebihan Mac:
1. Jarang terserang virus. Dari pengalaman saya selama 1 tahun lebih pake OS X, tidak pernah ada virus yang menyerang PC saya, walaupun tidak ada anti virusnya. Dan ini alasan utama saya memakai OS X.
2. Sistem keamanannya, jauh lebih terjamin daripada Windows. Tidak heran sebenarnya, karena OS X aslinya adalah pengembangan dari BSD.
3. Bootnya lebih cepat daripada Windows, dan ringan. Sangat ringan malah kalau menurut saya.
4. Hampir semua serba otomatis. Nggak perlu terlalu ribet setting sana sini.
5. Tampilan/visualnya bagus.
6. Nggak ada registry. Karena itu kita bisa memindah-mindahkan semua aplikasi atau file ke sembarang tempat tanpa khawatir aplikasinya rusak. Bahkan walaupun file tersebut masih aktif dibuka. Kita tidak bisa melakukan ini di Windows.
7. Kemudahan instalasi aplikasi. Mayoritas instalasi aplikasi di OS X hanya butuh “drag and drop” ke hard disk. Jarang ada jendela setup, dan klik Next, Next, Finish seperti yang ditemui di Windows.
8. Kalau kita memakai OS X, maka kita dibebaskan dari kewajiban defrag hard disk. Karena OS X mencegah fragmentasi hard disk. Mungkin ini karena aplikasi Mac yang berbentuk package, jadi tidak tercerai berai kaya’ Windows.
====================
Kekurangan :
1. OSnya tidak terlalu familiar. Disebabkan banyak orang pake Windows, dan OS X hanya tersedia di produk Macintosh yang notabene harganya mahal.
2. Tombol “traffic light”, terutama tombol + (Maximize), tidak selalu berarti maximize.
3. Tidak semua hardware yang ada di pasaran bisa digunakan di OS X.
4. Tidak terlalu banyak pilihan game yang tersedia untuk OS X. Walaupun buat saya, untuk bisa main COD 4 dan Colin Mcrae Rally di OS X sudah cukup, tapi buat orang lain mungkin kurang.

NB :
Ingin memberi info tambahan untuk boblek dan Yugi di atas….
1. Instalasi OS X sangat gampang. Terlalu gampang malah.
2. Ini hanya sebuah program, jadi seperti Windows, untuk OS X banyak aplikasi bajakan di internet. Dari yang lama sampai yang terbaru.
3. Semenjak Apple memutuskan untuk memakai Intel sebagai prosesor di semua Macintosh, maka terbuka kemungkinan untuk merakit sendiri sebuah sistem untuk menjalankan OS X. Contohnya PC saya.
4. OS X bisa menjalankan Windows secara bersamaan memakai Virtual PC. Kalau untuk OS X ada aplikasi yang namanya Paralel atau bisa juga menggunakan VMWare Fusion.
5. OS X tidak melulu untuk graphic designer. Saya kebanyakan buat mengetik. Kebetulan untuk Microsoft Office 2011, ada opsi Full Screen yang saya suka. Makanya saya lebih suka mengetik di OS X daripada di Windows.

 Klik Gambar di Bawah ini



Post By Category

Follow Us

Facebook

Thanks for visiting my blog,
I hope you are happy